Jumat, 11 Januari 2013

Dasar-dasar Internet Marketing

Internet marketing adalah salah satu bidang bisnis yang digemari orang seiring dengan makin banyaknya jumlah pengguna Internet di seluruh dunia. Online marketing cocok bagi Anda yang tak suka terikat dalam tempat dan waktu tertentu untuk bekerja. Cukup bekerja dengan koneksi Internet dan Anda bisa bepergian ke mana saja untuk tetap berbisnis.
Menempatkan bisnis anda di dunia internet bukanlah tugas yang mudah. Jangan hanya memandang penggunaan internet hanya sebagai media iklan untuk menunjang bisnis anda karena sebenarnya internet dapat melakukan lebih dari yang anda bayangkan. Dengan memaksimalkan penggunaan web dari segi kualitas dan diferensiasi, kita akan mampu menyuguhkan pengalaman yang baru untuk para klien dan prospek.
Internet marketing atau pemasaran melalui internet, adalah gabungan kata-kata yang sederhana tapi bila disatukan dapat mencakup banyak aspek yang perlu diperhatikan. Dasar-dasar internet marketing mencakup antara lain; riset pasar, mesin pencari (search engine), email, promosi (lokal) dan pemasaran offline.
  1. Mari kita mulai dengan riset pasar. Pertama, anda harus mengidentifikasi pasar, dan berpikir tentang bagaimana cara untuk menjangkau pasar tersebut. Anda harus mampu menyampaikan nilai yang terkandung dalam pesan anda dengan tujuan agar prospek dan klien mendapatkan pemahaman yang lebih baik dari apa yang anda iklankan. Selanjutnya yang tidak kalah penting dari riset pasar adalah menentukan target. Riset pemasaran yang efektif harus mampu mencapai target yang diidentifikasi. Target anda akan sangat tergantung pada solusi yang diberikan oleh bisnis anda. Contoh : krim anti-aging untuk wanita diusia 30-55 tahun. Penelitian pemasaran lebih lanjut melibatkan penelitian primer dan sekunder, penelitian gabungan, kuantitatif dan kualitatif.
  1. Dasar dari internet marketing selanjutnya adalah mesin pencari. Ini memiliki dua jenis, yaitu: direktori mesin pencari dan mesin PPC(pay-per-click). Jika Anda terlibat dalam pemasaran internet, keberadaan mesin pencari sangat penting. Meskipun penggunaannya bisa sangat mahal, kebanyakan bisnis tidak akan berjalan tanpa keberadaan mesin pencari. Penggunaan direktori mesin pencari menuntut kesabaran untuk mencapai pemasaran yang efektif. Anda harus menunggu selama beberapa minggu sebelum situs web anda benar-benar muncul di situs pencari. Posisi situs web juga dapat berubah tanpa pemberitahuan lebih lanjut karena ini mesin pencari mengalami perubahan indeks dan aturan peringkat setiap saat. Penggunaan mesin PPC memang lebih mahal dibanding direktori mesin pencari namun penggunaannya lebih mudah dan efisien. Persentase anda untuk memperoleh prospek jauh lebih tinggi ditambah dengan hasil yang lebih cepat dan stabil.
  1. Email. Setelah mengidentifikasi keinginan dan kebiasaan dari target yang dibidik, maka kita dapat mengidentifikasi ketertarikan mereka. Ada beberapa publikasi yang menunjang iklan anda, seperti penggunaan newsletter untuk prospek/calon klien anda. Pemasaran melalui email seringkali menyebabkan beberapa masalah, oleh karena itu penggunaan opt-in lebih disarankan daripada mengirimkan email secara massal karena hal ini dapat dikategorikan sebagai spammer, dimana orang lain menerima email komersil yang sebenarnya tidak diinginkan oleh mereka. Pemasaran dengan newsletter di sisi lain mirip dengan opt-in tetapi mencakup informasi seperti wawasan dan artikel.
  1. Promosi. Pastikan bahwa anda juga melakukan promosi sesuai dengan area anda, karena banyak bisnis memfokuskan perhatian mereka kepada pengguna web, mereka sering lupa untuk mengiklankan secara lokal. Jasa lain yang bisa digunakan untuk promosi antara lain; situs press release, majalah, koran, dan banyak lagi.
  1. Dasar internet marketing yang terakhir adalah pemasaran offline. Penggunaan brosur yang mempromosikan url dan produk bisnis, penambahan movie slide didalam cd interaktif juga dapat menunjang pemasaran offline.
Tanpa iklan, bisnis apapun akan gagal. Oleh karena itu penting untuk memiliki tim yang baik yang dapat menangani semua iklan bisnis anda, baik secara offline atau online. Internet marketing memerlukan banyak pemikiran, usaha, dan waktu. Jika Anda mampu menuangkan semua aspek ini kedalam iklan yang tepat, dalam waktu dekat bisnis anda pasti mengalami peningkatan profit yang tajam. Salam Sukses!
source: http://www.fandysetiawan.com

0 komentar:

Poskan Komentar